Tuesday, December 6, 2011

Ayo, Cegah Kepikunan Sejak Dini!


Demensia alzheimer atau yang lebih dikenal dengan sebutan pikun, adalah penyakit yang mempengaruhi otak. Terutama memori, kepribadian, dan perilaku seseorang di hari tuanya. Pikun pun penyakit yang paling banyak diderita oleh lanjut usia atau lansia.
Psikiater Rumah Sakit Pusat Pertamina Dr. Syahlendra W Sadjarwo menjelaskan cara mencegah kepikunan. Salah satunya dengan beraktivitas positif seperti berolahraga, bekerja, dan aktivitas lainnya yang membuat hidup menjadi happy.
"Demensia itu akan terjadi kalau kita tidak melakukan aktivitas apa-apa, baik fisik maupun pikiran. Jadi seperti diam saja tidak melakukan aktivitas apa-apa duduk-duduk saja di rumah dan pasrah terhadap situasi, maka ini akan mempercepat kita kepada demensia," katanya di Seminar HypnoLansia, Jakarta, Sabtu (3/12).
Oleh karena itu, dirinya kembali menjelaskan, untuk mencegah kepikunan harus dimulai sejak dini atau usia produktif. "Pola pencegahannya harus dimulai dari remaja. Tapi toh misalkan sudah terlambat maka pola seperti ini (berolahraga dan beraktivitas positif) bisa mengurangi kemunduran dan memperlambat terjadinya demensia," jelasnya.

0 comments:

Post a Comment

n3m@r$

Followers

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Templates | Affiliate Network Reviews